Rivalitas Manchester


Derby Manchester

Manchester pada awalnya hanyalah sebuah desa kecil pada abad ke-11. Namun memasuki awal abad ke 13, wilayah ini berubah menjadi sebuah kota. Manchester termasuk area yang mengalami perkembangan pesat. Terletak di wilayah Barat Laut Inggris. Manchester dikenal sebagai kota industri dan perdagangan.

Manchester juga dikenal sebagai kota yang pertama kali memiliki kereta api. Dalam kebudayaan modern, Manchester dikenal sebagai kota musik dan olah raga. Di English Premier League (EPL), istilah derby Manchester mengacu pada duel Manchester United versus Manchester City.

Namun, berdasarkan faktor geaografis hanya markas City saja yang terletak di kota Manchester. Old Trafford yang notaben kandang Manchester United berada di wilayah Trafford. Manchester maupun Trafford merupakan dua kota yang menjadi bagian dari county Greater Manchester selain Stockport, Tameside, Oldham, Rochdale, Bury, Bolton, Wigan, dan Salford.

Old Trafford

Saat berfikir tentang derby Manchester, yang ada di benak masyarakat adalah rivalitas Manchester United dan Manchester City. Padahal di wilayah Greater Manchester sendiri, ada cukup banyak klub yang berdiri. Mulai dari Oldham Athletic, yang merupakan salah satu klub pendiri liga domestik di Inggris, Bolton Wanderers, juara Piala FA empat kali, Rochdale, Bury, Stockport, hingga Wigan Athletic, klub termuda di wilayah Barat Laut Inggris itu. Saat ini, hanya Bolton dan Wigan yang berada di jajaran terelite sepak bola antarklub di Inggris.

Kita akan mundur ke awal abad ke-20 untuk mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang asal-usul rivalitas antara United dan City.

Kedua klub pertama kali bertemu pada babak penyisihan I Piala FA tahun 1891. United, yang masih mengusung nama Newton Heath memenangi duel dengan skor 5-1 atas Citizen, yang kala itu masih bernama Ardwick.

Pemicu pertama rivalitas kedua klub ini tak lain adalah kepindahan Billy Meredith dari City ke United pada tahun 1905. Pada tahun tersebut Meredith baru saja dinyatakan bersalah atas suap yang ia lakukan sewaktu bebaju City. Sebagai buntut skandal di penghujung musim 1904/05 tersebut, Meredith dilarang memakai jersey City untuk selamanya.

Billy Meredith

Meredith sebenarnya tidak sendirian terlilit dalam kasus suap tersebut, melainkan berlima. Tapi karena dirinya satu-satunya pemain berlabel bintang, maka cuma namanya yang melekat. Alih-alih memilih klub lain sebagai destinasi berikutnya, Meredith dkk. malah bergabung dengan United. Ironisnya bagi City, kuintet ini bahkan menjadi tulang punggung Setan Merah dalam meraih gelar perdana Divisi I Inggris pada musim 1907/08.

Akibat transfer ini, ditambah imbas kepindahan mereka pada kesuksesan United di tahun-tahun berikutnya, bisa dibayangkan bagaimana besar level kebencian City.

Karena itu pula, bisa dipahami jika nyayian City di setiap awal musim selalu mendengungkan kutipan mengenai asal-usul United yang bisa dibilang kaum pinggiran Manchester karena berdomisili di Trafford, tidak seperti City yang memang asli anak kota.

Champions 19

Tetapi saat ini, 19 gelar EPL yang berhasil diraih United masih terlalu jauh untuk bisa dikejar oleh City yang baru meraih satu Piala FA 2011.

Advertisements

6 thoughts on “Rivalitas Manchester

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s