Potret Wajah Manusia


Disadari atau tidak, wajah memiliki peran penting dalam hubungan sosial. Bukan seberapa buruk atau rupawan wajah tersebut. Mimik sederhana wajah manusia nyatanya memiliki seribu pesan yang sebagian besar masih menjadi misteri yang belum terjawab seutuhnya. Apakah wajah tersebut dengan jujur menunjukkan kebahagiaan, amarah, kesedihan, atau kesakitan, jawabannya kadang menyakitkan.

Potret kehidupan sosial tersebut nyatanya bisa kita saksikan setiap hari di jalan, rumah, tempat kerja, tempat wisata dan hiburan, bahkan menjamur di lingkungan yang mungkin terlupakan. Andaikan saya memiliki pacar, mungkin wajah saya akan mencerminkan kebahagiaan. Begitulah kira-kira.

Bahkan, salah satu rahasia yang diungkapkan Allah dalam al-Qur’an adalah bahwa keimanan dan kekufuran tercermin di wajah dan kulit manusia. Di beberapa ayat, Allah memberitahukan bahwa terdapat cahaya di wajah orang-orang beriman, sedangkan wajah orang-orang kafir diliputi kehinaan:

“Dan kamu akan melihat mereka dihadapkan ke neraka dalam keadaan tunduk karena hina, mereka melihat dengan pandangan yang lesu …” (Q.s. asy-Syura: 45).

Meski semua itu tetap menjadi misteri dan rahasia ilahi, saya berhasrat untuk mencoba mengajak memahami “wajah manusia”  melalui kumpulan potret wajah yang saya ambil menggunakan kamera Nikon D90 kesayangan saat sedang menikmati akhir pekan di objek wisata Kota Tua Jakarta. Namun, jangan berharap melihat karya seorang Ansel Adams atau Darwis Triadi disini. Semua ini hanyalah karya seorang Zaenudin Firdaus. Selamat menikmati.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s