HOPE..


Perhatikan kedua telapak tanganmu, benarkah manusia mampu memahami maksud dan arti dibalik guratan menakjubkan yang tampak terlihat. Jelas, yang ada hanyalah sekelumit benang kusut beruwujud garis tangan, bukan. Tapi apa daya, jaman lebih memberi pilihan mengganti benang yang kusut dengan benang baru. Itupun tanpa ada yang pernah tahu…..alias RAHASIA.

Lalu, adakah di dunia ini yang terlihat nyata, tampaknya tidak. Itu kenyataannya.

Oke, cukup deh berasumsinya. Saya hanya ingin mengajak kalian yang membaca tulisan ini kembali ke dalam pikiran saya satu tahun belakangan ini.

2014 akan segera berakhir dalam beberapa jam lagi. Perlu diketahui, saat menulis ini diri saya memilih untuk berdiam diri dirumah, meski banyak pilihan tujuan untuk merayakan pergantian tahun ke 2015. Tapi tampaknya, lebih enak berkumpul dirumah bersama keluarga dan sesekali melihat televisi yang saat ini didominasi pemberitaan mengenai kecelakan yang menimpa pesawat AirAsia QZ8501 dengan rute penerbangan Surabaya-Singapura yang sejak dinyatakan hilang dari pantauan radar hingga ditemukan puing-puing beserta jasad yang diduga penumpang pesawat tersebut telah menyita perhatian nasional serta dunia.

Momen pergantian tahun 2014 ke 2015 yang bagi sebagian besar masyarakat dunia merupakan hari yang patut dirayakan dengan pesta dan kesenangan, pastinya akan menjadi momen yang penuh dengan kepedihan dan perasaan duka bagi segenap rakyat Indonesia. Semoga musibah yang menimpa saudara-saudara kita yang menjadi korban dari kecelakaan pesawat AirAsia QZ8501 menjadi sebuah renungan dan juga kesempatan untuk segenap masyarakat Indonesia dan dunia untuk mengirimkan doanya. Karena saya yakin, inilah alasan manusia dikaruniai nurani dan iman.

Sepanjang tahun 2014, telah banyak pengalaman yang perlahan mampu mengubah diri saya menjadi seperti saat ini. Tiga bulan setelah bergabung dengan salah satu media online yang bergerak di dunia olahraga, saya harus angkat kaki karena berbagai alasan. Tapi saya tahu, mereka lebih membutuhkan orang yang memiliki fisik yang optimal dibanding diri saya yang saat itu untuk mengendarai sepeda motor saja adalah hal yang masih sulit. Bukan karena saya tidak pernah belajar mengendarai sepeda motor, tapi lebih karena kondisi syaraf kaki kiri saya yang masih belum optimal untuk menahan beban seberat itu, dan itu pula yang membuat saya hingga kini lebih memilih menggunakan kendaraan umum saat bepergian. Apapun alasannya, justru hal itu membuat saya menyadari kalau sebuah kesuksesan tidak akan pernah bisa diraih tanpa kerja keras dan pengorbanan.

Tidak ingin tenggelam dalam kekosongan, beberapa bulan kemudian atau tepatnya sejak bulan Agustus silam saya mencoba untuk mencari lowongan dan tawaran pekerjaan yang ditawarkan teman. Namun, track record atau pengalaman sebelumnya memang bukan jaminan seseorang mendapatkan pekerjaan idaman di negara yang tidak hanya membutuhkan otak tapi juga fisik untuk bekerja (baca: ngirit) meski sekarang adalah masa dimana teknologi bernama internet telah mengambil alih dunia.

Cukup! itu kata pertama yang muncul dalam benak saya setelah beberapa kali gagal. Saat itu saya berfikir, “Masalah saya saat ini adalah kemampuan mobilitas untuk mendukung pekerjaan. Dan masalah tersebut terletak di kaki kiri saya.”

Jadilah mulai saat itu hingga sekarang dan akan berlanjut sampai kaki saya kembali berlari lincah, melompat tinggi seperti saat dulu aktif bermain basket, menendang bola sepak seperti idola-idola saya di lapangan hijau, atau tidak lagi berdiam diri tanpa aksi melihat orang lain membutuhkan pertolongan. Saya memutuskan mengikuti secara rutin perawatan fisioterapi di salah satu klinik fisioterapi di Jakarta.

Memang, untuk sekali terapi yang mana dalam satu minggu saya harus datang dua kali, biaya yang dikenakan cukup mahal. Namun, saya bersyukur memiliki keluarga yang bersedia membantu. Dari pengorbanan mereka, mata saya terbuka bahwa kehidupan bukanlah melulu sebuah kesuksesan materi maupun karier. Bagi saya kehidupan adalah harapan.

SELAMAT TAHUN BARU 2015…. :))

Leave a Reply

