Cara Mudah Mengontrol LED Notification Di Perangkat Android


Keberadaan lampu LED notification di ponsel atau tablet Android telah menjadi fitur penting bagi pengguna. Sama halnya dengan fungsi lampu LED di ponsel Blackberry yang sudah lama dikenal, lampu LED notification di perangkat Android dapat menjadi alarm pemberitahuan kala ponsel dalam keadaan silent atau merasa perangkat bergetar, sehingga kamu tidak kehilangan panggilan atau informasi yang penting.

Satu-satunya kelemahan fitur lampu LED notification di Android adalah minimnya kontrol atas warna dan frekuensi berkedip lampu LED agar pengguna dapat mengatur warna lampu notification yang berbeda untuk tiap aplikasi di perangkat Android miliknya. Dengan kata lain, kamu tidak pernah benar-benar tahu apakah lampu LED notification di perangkat Android milikmu sedang mencoba untuk memberitahu kamu.

Meskipun beberapa cara mengubah ROM Android telah memiliki fitur kontrol untuk lampu LED notification, namun kamu tidak perlu melalui semua kerumitan yang harus dilakukan untuk mengubah ROM Android. Bahkan, kamu tidak perlu lagi melakukan rooting pada perangkat. Ternyata ada beberapa cara mudah yang dapat kamu lakukan untuk menyesuaikan lampu LED notification di perangkat Android agar sesuai dengan keinginan.

Light Flow

Light Flow mungkin aplikasi pengontrol lampu notification paling populer yang bisa kamu dapatkan di Google Play. Aplikasi ini menawarkan beberapa fitur bagus seperti memungkinkan kamu mengatur frekuensi lampu notification dengan warna yang berbeda di tiap kedipan.

light flow

Bahkan, aplikasi ini juga menawarkan pengguna pilihan untuk mengatur suara dan pola getaran untuk pemberitahuan yang berbeda. Apalagi penggunaan aplikasi Light Flow pada perangkat Android tidak akan mengganggu push notification pada Smartwatch Pebble.

Aplikasi Light Flow tersedia di Google Play dalam versi gratis dan berbayar. Versi gratis dari Light Flow memungkinkan kamu untuk mengontrol penuh beberapa pilihan notification (kebanyakan sistem yang terkait) dan siklus warna lampu setiap 20 detik. Sedangkan versi berbayar dari aplikasi Light Flow memberi kamu kontrol penuh lebih dari 600 notification berbeda dengan kecepatan siklus perubahan setiap 2,5 detik.

Light Manager

Mirip dengan Light Flow, aplikasi Light Manager menawarkan kamu kontrol atas warna LED notification di perangkat Android. Namun, dengan aplikasi Light Manager, kamu dapat mengontrol lebih banyak sistem dan aplikasi notification dibanding yang ditawarkan Light Flow. Dan menariknya, semua itu tersedia gratis di Google Play.

Aplikasi Light Manager memungkinkan pengguna perangkat Android melakukan konfigurasi warna lampu dan frekuensi berkedip LED notification untuk fitur berikut ini:

– Miss call

– SMS

– MMS

– Gmail

– Calendar reminder

– Hangouts

– *Email

– *Facebook

– *Facebook Messenger

– *Twitter

– *WhatsApp

– *BBM

– *LINE

– *GO SMS Pro

– *Handcent SMS

– *chomp SMS

– *Textra SMS

– *Verizon Messages

– *Any 3rd party apps

– Low battery

– Battery charging

– Battery charged

– No signal

– No 3G/4G

– No Wifi

– Airplane Mode On

– Silent Mode On

– Vibration Mode On

– Ringer Mode On

– Mobile Data On

– Wifi On

– Wifi Hotspot On

– Bluetooth On

Adapun pada Android versi 4.1 dan 4.2, diperlukan ROOT terlebih dahulu untuk melakukan konfigurasi pada fitur yang diberi tanda bintang. Setelah ROOT dilakukan, jangan sampai lupa untuk me-restart ulang perangkat Android kamu untuk mengaktifkan perubahan. Namun, ROOT tidak perlu dilakukan lagi di perangkat yang berjalan dengan Android 4.3 atau diatasnya. Kamu hanya perlu mengaktifkan akses untuk notifikasi aplikasi Light Manager di Setting> Security> Notification Access> Light Manager.

Terdapat dua mode operasi di aplikasi Light Manager ini:

  1. Mode Normal – Lampu LED hanya akan berkedip untuk notifikasi pertama yang diterima perangkat.
  2. Alternating Modus – Beberapa warna lampu LED akan berkedip bergantian ketika perangkat menerima beberapa notifikasi.

Jadi, jika kamu tidak ingin kehilangan informasi atau panggilan yang bersifat penting dari perangkat Android kepunyaan kamu. Maka kedua aplikasi yang telah saya bahas di atas dapat menjadi pilihan tepat. Selamat mencoba.

Advertisements

4 thoughts on “Cara Mudah Mengontrol LED Notification Di Perangkat Android

  1. Kaloo Lenovo k5 vibe bisa pake led notifikasi gak sih?? Ada lampu led tpii kaloo ada notifikasi yg masuk tuh cuma buat 1 aplikasi aja.. Gmn caranya ya biar semua aplikasi bisa pake led KLO ada notifikasinya…

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s