Yogyakarta, Kota Segala Romantika


Di persimpangan langkahku terhenti

Ramai kaki lima
Menjajakan sajian khas berselera
Orang duduk bersila
Musisi jalanan mulai beraksi
Seiring laraku kehilanganmu
Merintih sendiri
Ditelan deru kotamu …

Setiap mendengar petikan lagu diatas dari grup musik Kla Project yang digambarkan dengan sangat baik dalam tiap bait liriknya, langsung terlintas dalam kepala kita semua akan Yogyakarta, kota tujuan wisata, pendidikan, dan juga kota segala romantika. Tidak heran jika Jogja dianggap sebagai salah satu kota di Indonesia yang memiliki tempat tersendiri di hati orang-orang yang pernah berkunjung ke Daerah Istimewa tersebut.

Kota yang juga popular dengan julukan kota Gudeg ini dikenal sebagai tempat yang menyimpan keindahan alam dan kebudayaan lokal yang tinggi. Wisatawan pun dapat mengunjungi beberapa lokasi wisata yang berada di dalam kota maupun yang berada di sekitar Jogja. Para pelancong yang datang akan memiliki banyak pilihan tujuan wisata selama berada di kota yang juga dikenal menjadi rumah beberapa universitas negeri dan universitas swasta ternama tersebut. Keraton Jogja, Maliboro, dan Pantai Parangtritis adalah sebagian tempat yang sudah tidak asing lagi dan bahkan sudah menjadi landmark dari Jogja sendiri. Bahkan sampai ada ungkapan “Rugi ke Jogja kalau belum ke Malioboro”.

jalan malioboro

Jalan Malioboro, Yogyakarta

Tidak salah bila menyebut Jogja adalah simbol romantisme berbalut budaya lokal yang masih bertahan di tengah gempuran hiburan modern. Kesan tersebut akan makin terasa saat mencoba jajanan kuliner malam sepanjang Malioboro, seperti yang terpenggal dalam lirik lagu diatas. Alunan musik dari para musisi jalanan dan pertunjukan para seniman jalanan turut menambah hangatnya malam.

Romantisme yang ditawarkan pun tidak hanya terbatas di sepanjang Malioboro saja. Masih banyak tempat yang patut dijadikan arena untuk saling berkenalan dan menghabiskan waktu bersama. Walau tidak dengan pasangan, bisa jadi dihabiskan bersama teman akrab atau teman dekat. Yang menjadikan suasana suatu tempat menjadi romantis atau tidak adalah diri sendiri. Tempat-tempat ini adalah alasan Yogyakarta menjadi kota segala romantika.

Taman Sari

Obyek wisata satu ini tentunya tidak asing lagi di telinga. Ya, Taman Sari Yogyakarta. Taman Sari Yogyakarta konon dibangun sebagai tempat menghormati istri-istri Sultan Hemengkubuwono I atas jasa mereka membantu dalam peperangan. Taman Sari dibangun mengelilingi sebuah umbul atau mata air. Di sekeliling mata air ini dibangun Kaputren atau tempat istri dan anak perempuan raja tinggal.

taman sari

Taman Sari, Yogyakarta

Banyak wisatawan yang datang ke Taman Sari dan berfoto dengan berlatar belakang air mancur atau kolam Taman Sari yang indah. Taman Sari sendiri berjarak 500 meter dari Keraton Kasultanan Yogyakarta. Walau sekarang lebih difungsikan sebagai tempat wisata, tetapi Taman Sari tetap memberikan kesan harum seorang putri keraton. Jadi, Taman Sari Yogyakarta patut dijadikan alternatif tempat wisata romantis di Jogja yang bisa dinikmati suasananya bersama pasangan.

Puncak Suroloyo

Jogja memiliki pegunungan Menoreh dengan puncak bernama Suroloyo. Puncak Suroloyo berada di Dusum Keceme, Desa Gerbosari, Kecamaan Samigaluh. Untuk bisa mencapai Puncak Suroloyo ini, kamu mesti melewati sekitar 290 anak tangga sebelum sampai ke puncak.

puncak suroloyo

Puncak Suroloyo, Yogyakarta

Dari Puncak Suroloyo, kita bisa melihat betapa kecilnya Candi Borobudur yang dikelilingi oleh Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Gunung Sindoro, dan Gunung Sumbing. Dari sini, kita juga bakal disuguhi hamparan biru dan luasnya Samudra Hindia di kejauhan.

Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal terletak di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta, tepatnya di sebelah timur Pantai Watulawang dan di sebelah barat Pantai Ngetun, sekitar 50 km dari Wonosari atau 2 jam waktu tempuh dari Jogja. Dengan koordinat GPS S8°9’20” E110°37’17”.

pantai pok tunggal

Pantai Pok Tunggal, Yogyakarta

Keindahan pasir pantai yang putih dan tebing-tebing yang menjulang dijamin bakal membuat wisatawan yang datang tercengang. Pantai Pok Tunggal terkenal akan ikonnya yang berupa sebatang pohon Duras yang tumbuh rindang dan merupakan tumbuhan langka di bibir pantai.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk berada di Dusun Menggoran, Desa Bleberan, Kecamatan Playen, Kabupaten Gunungkidul. Lokasi air terjun ini berada tepat di tepi sungai Oyo. Hanya butuh waktu satu setengah jam bagi wisatawan untuk bisa sampai kesini dari pusat kota Jogja.
Memiliki ketinggian sekitar 25 meter, menjadikan Air Terjun Sri Gethuk mengalir cukup deras sehingga menciptakan efek dramatis pada bebatuan bertingkat yang telah ada, menambah pesona dan kesan romantis bagi siapapun yang datang berkunjung ke air terjun tersebut.

Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk, Yogyakart

Menikmati Sunset Di Candi Ratu Boko

Candi Ratu boko merupakan sebuah situs purbakala yang berada di Desa Bokoharjo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi ini hanya berjarak kurang lebih 18 km sebelah timur dari pusat kota Yogyakarta. Situs purbakala Candi Ratu Boko ini sendiri menempati area seluas 25 hektar dan berada pada ketinggian 196 meter dari permukaan laut.

candi ratu boko

Menikmati Sunset & Sunrise Di Candi Ratu Boko, Yogyakarta

Letaknya yang berada di atas Bukit Seribu dengan ketinggian kurang lebih 200 meter dari permukaan laut, menjadikan Candi Ratu Boko tempat ideal untuk menikmati sunset. Tidak hanya sunset saja yang bisa di nikmati di tempat ini, wisatawan juga bisa menikmati mahakarya Rakai Pikatan yakni Candi Prambanan dengan latar belakang Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang tampak megah dan indah.
Itulah Jogja,  romantika yang ditawarkan membuat siapapun yang pernah berkunjung selalu ingin dan terus kembali.

Advertisements

3 thoughts on “Yogyakarta, Kota Segala Romantika

  1. Pingback: Selalu Ada Alasan Kembali Ke Jogja, Sob! | DuniaDaus

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s