Upgrade RAM Android Dengan SWAP Tanpa Partisi SD Card


Bagaimana bila perangkat Android (smartphone, tablet) milik kita ternyata dapat dengan lancar digunakan bermain game HD (High Definition) atau menjalankan aplikasi berat lainnya dengan kapasitas RAM standar? hal tersebut tidaklah mustahil, kok! kamu hanya cukup melakukan swap tanpa partisi SD card.

Terlepas dari kebanyakan smartphone jaman sekarang yang telah dibekali pesifikasi yang sangat gahar, praktek swap memori sudah digunakan oleh sistem operasi Linux sebagai langkah wajib saat awal instalasi, dengan fungsi untuk membantu kinerja RAM saat kehabisan ruang memori. Meski begitu, di sistem operasi Android, yang merupakan turunan dari Linux, ternyata tidak mewajibkan adanya swap memori seperti induknya. Namun, nyatanya sebagian pakar Android berpendapat file swap di Android justru dapat membantu kinerja RAM, dan dapat bekerja dengan sangat baik di perangkat Android.

Keraguan pengguna perangkat Android untuk mencoba swap memori pada perangkat milik mereka kemungkinan muncul saat harus melakukan partisi dengan metode yang cukup panjang karena menggunakan perangkat PC atau komputer. Dan, kebanyakan dari pengguna yang mencoba merasa tidak ada perubahan yang berarti saat melakukan partisi dengan metode tersebut.

Nah, untuk mengatasi keraguan tersebut, kamu bisa menggunakan aplikasi Swapper for Root dari DevLab Technologies yang dibuat khusus untuk membuat file swap di dalam sistem Android tanpa partisi SD Card. Aplikasi Swapper for Root kini dilengkapi dengan fungsi baru untuk mengkonfigurasi partisi FAT dan partisi EXT, mampu memperbaiki beberapa kesalahan data yang dimasukkan oleh pengguna dan memori eksternal, serta mampu memperbaiki bug.

Berikut adalah langkah-langkah sederhana meng-upgrade RAM Android dengan SWAP tanpa partisi di SD Card menggunakan aplikasi Swapper for Root.

screenshot_2016-04-22-09-19-11.jpg

2

screenshot_2016-04-22-09-19-20.jpg

1

  1. Download Swapper for Root di Google Play Store.
  2. Setelah terpasang, buka dan jalankan aplikasinya.
  3.  Centang pilihan “Active Swap on Boot“.
  4. Pilih opsi “Swap File Position“, lalu pilih SD Card EXT Partition untuk memasang swap di kartu memori eksternal.
  5. Ukuran “Swap File Size” dapat diubah sesuai keinginan kamu hingga 256 MB.
  6. Tab tombol “Save” untuk menyimpan semua onfigurasi yang telah kamu pilih.
  7. Reboot perangkat Android kamu.

Bagi kamu yang menyukai bermain game HD dan eksis dengan aplikasi yang cukup berat di perangkat Android, mungkin dapat mencobanya agar performa RAM jauh lebih maksimal dan gadget Android milikmu jarang nge-lag. Selamat mencoba.

Advertisements

One thought on “Upgrade RAM Android Dengan SWAP Tanpa Partisi SD Card

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s