Berburu Foto Alam Belitung Dengan Nikon D90 Kesayangan


Keindahan pantai di Indonesia memang tidak ada duanya di dunia. Itulah kalimat pertama yang muncul dalam pikiran saya saat pertama kali menginjakkan kaki di Pulau Belitung, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Sebuah kunjungan singkat, dua hari satu malam (5-7 Agustus’16). Mengingat kesibukan saya dan istri yang harus masuk 5 hari kerja, tentu kesempatan traveling bersama kawan-kawan ini tidak bisa kami lewatkan. Terlebih saya sendiri sudah cukup lama tidak berburu foto dengan kamera Nikon D90 kesayangan.

Pulau Belitung dan Pulau Leebong yang kami kunjungi seakan menghadirkan sensasi keindahan tersendiri. Sayapun memanfaatkankannya untuk mengambil beberapa foto pemandangan/landscape.

Foto pertama adalah foto saat momen sunrise di pulau Leebong. Seribu sayang, bulatan mentari yang saya tunggu sejak pukul 05.30 Wib harus terhalang awan hingga beberapa menit meninggalkan garis cakrawala. Saya menggunakan lensa 18-55 mm dengan bukaan
f/11, ISO 200, dan White Balance: manual saat mengabadikan siluet dari objek ayunan di garis pantai pada sisi kanan foto dengan latar belakang lukisan cahaya di garis cakrawala.csc_0252Foto momen sunrise di pulau Leebong, Bangka Belitung

Foto kedua diambil saat berada di pulau pasir besar (belakang pulau Leebong). Sebuah bangku kayu di ujung dermaga menggoda mata saya. Saya menggunakan bukaan f/5, ISO 200, dan focal lenght di 18mm untuk mendapatkan efek zoom pada kursi dan memperlihatkan hamparan pasir putih sebagai latar belakang.csc_0444

Bangku kayu di ujung dermaga Pulau Pasir Besar (belakang Pulau Leebong).

Foto ketiga diambil dengan bukaan f/5.6 , exposure 1/1000 sec, dan ISO 200 serta objek yang membelakangi matahari dengan tujuan mendapatkan efek foto yang dramatis.dsc_0285

Berbekal kamera Nikon D90 tersebut, saya bisa melepas kerinduan memotret alam. See you next trip..

Leave a Reply

